Bupati Vicon Bersama Para Menteri dan Gugus Tugas Nasional Terkait Managemen Penanganan Covid-19

Bupati Vicon Bersama Para Menteri dan Gugus Tugas Nasional Terkait Managemen Penanganan Covid-19

BINTANGSULUT.COM – Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu Jumat 17 April 2020 mengikuti VICON dengan Mendagri, Menkeu, Mensos, Menkes, Menteri desa PDTT, Menaker serta Ketua Gugus Tugas Nasional.

Bupati CEP mendengarkan berbagai arahan dari beberapa Menteri terkait pedoman managemen penanganan covid-19 bersama dengan
Gubernur serta Bupati/Walikota se-Indonesia.

Diawali Mendagri, Tito Karnavian menyampaikan beberapa pedoman managemen penanganan covid-19 dan dampaknya bagi pemerintah daerah diantanya strategi pencegahan penularan, peningkatan sistem kekebalan tubuh, peningkatan kapasitas sistem kesehatan, peningkatan ketahanan pangan dan industri Alkes serta memperkuat Jaringan Penguatan Sosial.

Sementara itu Menkeu menyampaikan mengenai penggunaan anggaran agar mengacu pada petunjuk pusat dan anggaran tidak melebihi dari yang sudah diatur,

Menkeu juga menyampaikan agar penggunaan anggaran segera dilakukan diantaranya dengan melakukan pergeseran anggaran yang tidak terlalu penting.

Ditambahkan juga hal buruk akibat dari keadaan saat ini dimana akan bertambahnya jumlah pekerja yang diberhentikan dan peningkatan jumlah pengangguran. Hal ini perlu mendapat perhatian untuk diberikan bantuan.

“Ini memang sulit, tapi kita harus menghadapinya” ujar Sri Mulyani.

Lain halnya dengan Mensos, berharap bantuan kepada masyarakat agar disalurkan dan kemensos meminta paling lambat hari senin setiap daerah telah memasukkan nama nama yang belum menerima bantuan ke Kemensos pusat sambil berharap pemerintah daerah sudah melakukan berbagai upaya bantuan tanpa harus menunggu dari pusat.

Selain itu, Ketua gugus tugas menegaskan percepatan penanganan Covid-19 RI agar para pemudik tetap mengikuti aturan yang sudah di tetapkan oleh daerah.

Terkait tenaga kerja Menaker menyampaikan akan memberikan bantuan kepada para pekerja yang harus pulang daerah karena kehilangan pekerjaan sambil juga disiapkan program padat karya.

Ditempat yang sama, Bupati Christiany Eugenia Parunru menjelaskan bahwa, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Mentri Dalam Negeri dan Keuangan Perihal percepatan penyesuaian anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2020, Pemkab Minsel sudah menganggarkan untuk penanganan kesehatan, serta masyarakat yang terdampak secara sosial ekonomi atau jaring pengaman sosial.

Saat Vicon Bupati CEP juga didampingi ketua DPRD Jenny J. Tumbuan, Asisten pemerintahan dan kesra, Asisten Administrasi Umum, Kepala BPBD, Kaban Bapelitbang, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan dan Kadis Koperasi UMKM.

(Anto/Resa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed