Rakor Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bupati Tetty Titip Bayar Pajak Bagi 167 Hukum Tua, 17 Camat dan 10 Lurah…

Minsel116 views

Bupati Tetty Paruntu Mengahadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa.

BINTANGSULUT.COM – Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa yang dilaksanakan pada, senin (2/03/20) di Lantai 4 Kantor Bupati Minsel.

Hadir pada kesempatan ini Kepala KPPN Manado Wayan Juwena SE, Kepala KP2KP Amurang Deni Tri Satrianto, Kepala Badan pusat Statistik Minsel Ferdinan Terok, S.Sos, serta Kadis PMD. Kegiatan ini pula dihadiri oleh 17 Camat, 167 Hukum Tua dan 10 lurah.

Dalam sambutan Bupati menyampaikan agar para hukumtua mentaati aturan aturan yang ada.

” Dalam mengelola dana desa penggunaannya harus sesuai pada peruntukkannya dan jangan sampai terjerat masalah hukum,” jelas Bupati.

Hal lain yang disampaikan Bupati agar seluruh desa di Minsel segera dapat melakukan pembayaran pajak tepat waktu, karena kita tahu tujuan dana pajak akan pergi juga kepada Rakyat.

Inilah 7 hal yang dikatakan bupati CEP kepada seluruh peserta rakor terkait pajak, yang ditanggung pajak banyak sekali hal positif bagi Rakyat.

1. Infrastruktur dan Fasilitas Umum

Pernah lihat pembuatan jalan, pembangunan jembatan, sekolah, dan rumah ibadah? Untuk membangun itu semua, ada lho sebagian dana penerimaan pajak yang dialokasikan ke sana. Jadi, kalau selama ini kita bisa pergi dari kota ke kota dengan melewati jalan yang mulus, itu semua bisa kita nikmati karena kita telah taat membayar pajak.

2. Fasilitas Kesehatan

Dana penerimaan pajak juga digunakan dalam beberapa program untuk menunjang perbaikan kesehatan masyarakat. alokasi pajak untuk bidang kesehatan digunakan untuk menyediakan makanan tambahan bagi ibu hamil kurang energi kronis (KEK) serta balita kurus kekurangan gizi, untuk peningkatan pelayanan dan mutu rumah sakit, serta untuk pembiayaan JKN/KIS bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI). Ikut senang kan kalau kita bisa bantu mereka yang kurang mampu untuk mendapat akses layanan kesehatan?

3. Fasilitas Pendidikan

Tahu program-program seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Bidik Misi, dan dana bantuan operasional sekolah (BOS)? Nah, program-program tersebut juga dapat berjalan karena dana pajak yang diterima dari rakyat. Jadi, kita juga bisa ikut berkontribusi untuk dunia pendidikan bukan?

4. Kelestarian Lingkungan Hidup

Kalian pasti ingin kan kalau Minsel punya hutan yang luas dan asri sehingga bisa tetap menyediakan udara segar bagi para penduduknya. Namun, tak jarang hutan ditebas untuk tujuan produksi, tetapi setelah itu lahan tersebut tidak dikembalikan lagi fungsinya sebagai hutan. Nah, untuk melakukan rehabilitasi hutan dan juga memulihkan kawasan konservasi yang rusak, digunakanlah dana dari penerimaan pajak.

5. Keamanan dan Ketertiban

Siapa sih yang nggak mau tinggal di negara dan daerah yang aman dan nyaman?  ternyata penerimaan pajak juga digunakan untuk pengadaan kendaraan-kendaraan tempur dalam memodernisasi Alutsista, untuk membangun sarana prasarana pengamanan perbatasan dalam bentuk dermaga, serta melakukan modernisasi untuk pusat komando dari KOHANUDNAS (Komando Pertahanan Udara Nasional).

Karena Indonesia merupakan negara kepualauan yang sangat luas, banyak perbatasan serta wilayah perairannya yang harus dijaga ketat, agar kekayaan negeri kita tidak diambil secara ilegal oleh pihak asing serta terhindar pula dari teror. Jadi, mau dong bantu negara dalam mempertahankan keamanannya?

6. Pengembangan Transportasi Umum

Kalian yang tinggal di kota-kota besar pasti kenal  sama yang namanya macet. Pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi di kota-kota besar juga meningkat setiap tahunnya, terlebih untuk kendaraan roda dua. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah tentunya perlu menyediakan transportasi umum yang baik dan terjangkau untuk masyarakatnya, agar para pengguna kendaraan pribadi dapat tertarik untuk menggunakan transportasi umum.

Untuk mengembangkan alat transportasi umum, tentu dibutuhkan dana yang tidak sedikit, dan salah satunya berasal dari pajak yang kita bayarkan. Jadi, kalau kita dapat menikmati perjalanan dengan kendaraan umum yang baik, tentu tidak masalah kan untuk bayar pajak?

7. Pemgembangan Pariwisata.

Saat ini, sektor pariwisata sedang berkembang pesat. Banyak para wisatawan asing maupun domestik yang ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata di berbagai daerah di Indonesia termasuk Minsel. Namun, mengingat banyak tempat wisata yang lokasinya agak terpencil dan sulit dalam akses transportasi, terkadang itu menyurutkan niat para wisatawan untuk datang berlibur.

Nah, dari dana penerimaan pajak, dibangunlah fasilitas dan perbaikan akses transportasi menuju lokasi-lokasi wisata tersebut. Selain itu, dana ini juga digunakan untuk membantu dalam memasarkan destinasi-destinasi wisata dalam negeri dan daerah ke mancanegara. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah wisata. Jadi, bagi kamu yang suka liburan, pas senang kan kalau pajak yang kamu bayarkan bisa berguna juga untuk kegiatan liburanmu?

Nah, sudah tahu kan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membayar pajak? Jadi, jangan lupa lapor SPT dan bayar pajak ya. Karena, dengan membayar pajak, kita dapat berkontribusi untuk perkembangan Negeri kita tercinta! Kata CEP.

Anto/Resa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed