Temui Kapolres, Bawaslu Minsel Bahas Pembentukan GAKKUMDU

Bawaslu, Minsel93 views

Temui Kapolres, Bawaslu Minsel Bahas Pembentukan GAKKUMDU

BINTANGSULUT.COM – Kapolres Minahasa Selatan menerima langsung kunjungan Badan Pengawasa Pemilihan Umum (Bawaslu) diruang kerjanya, Jumat 21 Februari 2020.

Dipimpin langsung Ketua Bawaslu Minsel, Eva Keintjem bersama komisioner Abdul Majid Mamosey dan didampingi Korsek Bawaslu Weinfry Tumbuan kunjungan kali ini dalam rangka menyiapkan agenda pembentukan GAKKUMDU.

Menurut Ketua Bawaslu Eva Keintjem, selain menyiapkan agenda pembentukan Gakkumdu pertemuan ini juga membahasa atau mengevaluasi pada penanganan pidana pemilu tahun 2019 lalu.

“Kita melakukan evaluasi pileg waktu lalu, sebab ada perbedaan pada penanganan pelanggaran Pemilu Tahun 2019 dengan penanganan pelanggaran Pilkada Tahun 2020,” jelas Keintjem.

Dijelaskannya lagi, secara regulasi memang undang-undangnya berbeda antara pemilu dan pilkada. Kalau pemilu kita gunakan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang merupakan Undang-Undang terbaru yang digunakan dalam ajang mencari Pemimpin secara demokratis sangat jauh berbeda dengan UU Nomor 10 Tahun 2016 yang digunakan dalam Pilkada.

“Namun pada prinsipnya, bagaimanapun penanganannya, keadilan pemilu harus tetap ditegakkan. Koordinasi guna menjalin silaturahmi antar anggota Sentra Gakkumdu dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kesepahaman penegakkan hukum pilkada perlu dilakukan.” tandasnya.

(Anto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed