Catatan Khusus Sekretaris Kesbangpol Sulut, Johnny A Suak Dihari Sumpah Pemuda Ke-93’Th

BINTANGSULUT.COM – Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93 Tahun 2021 | 28 Oktober 2021

“MINDONESIA UNTUK PEMUDA, PEMUDA UNTUK INDONESIA
Bersatu, Bangkit dan Tumbuh

By Johnny Akexander Suak
Sekretaris Badan Kesbangpol Daerah Sulut

Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan titik tolak munculnya kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda mengikrarkan kepada bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi perasaan dan sikap tentang satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Hari Sumpah Pemuda merupakan hari peringatan atas momen Sumpah Pemuda, yang jadi cikal bakal persatuan pemuda dan pemudi seluruh Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Maka kemudian hari ini terus diingat, dan jadi salah satu hari besar nasional.

3 Makna Sumpah Pemuda yaitu

1. Mengajarkan Nilai-nilai Persatuan
Sumpah Pemuda mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, para pemuda memiliki semangat juang yang sangat besar.

Pemuda maupun pemudi menjadi tokoh Sumpah Pemuda yang telah mengorbankan tenaga, waktu, pikiran, dan moral bahkan harta benda guna menyatukan bangsa Indonesia.

2. Menumbuhkan Kebanggaan
Kebanggaan tampak jelas pada raut wajah para pemuda ketika pembacaan ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 silam. Itulah makna Sumpah Pemuda yang kedua.

Oleh karena itu, Generasi Muda juga harus bangga dengan tanah air kita sendiri. Salah satunya dengan melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

3. Menekankan Rasa Bangga Terhadap Bahasa Indonesia

Sumpah Pemuda membangkitkan rasa bangga terhadap Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi Negara Indonesia, hal itu tertuang dalam UUD (Undang-Undang Dasar) 1945 pasal 36. Maka dari itu, rasa bangga terhadap bahasa Indonesia perlu ditekankan.

Selain 3 makna yang sudah disebutkan di atas, Sumpah Pemuda juga memiliki makna lainnya yaitu: Wujud Cinta Tanah Air, Mengobarkan Semangat Juang Pemuda, dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

PEMUDA SEBAGAI WAJAH BANGSA

Kekuatan sebuah bangsa terletak di tangan para pemudanya. Karena merekalah yang akan menunjukkan wajah kehormatan suatu bangsa dalam segala kontes kehidupan. Jika para pemuda dalam suatu negara mengalami kerusakan moral dan agama, maka sangat disayangkan nasib bangsa itu nantinya.Karena bagaimana pun, pemuda adalah kader bangsa yang harus terbina dengan segala bentuk kepribadian bangsa.

Pemuda merupakan generasi penerus bangsa Indonesia, maka sebenarnya generasi muda juga menjadi komponen yang penting dan perlu dilibatkan dalam pembangunan bangsa Indonesia, baik secara nasional maupun daerah. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan erat dengan dasar dari generasi muda yang sebenarnya memiliki fisik yang kuat, pengetahuan yang baru, inovatif, dan juga memiliki tingkat kreativitas yang tinggi pula. Oleh sebab itu, peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa sebenarnya memiliki beberapa peranan yang seharusnya dapat dilakukan oleh para pemuda Indonesia. Beberapa peranan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

*Agent of Change*
Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia yang pertama dapat dilihat dari peran pemuda sebagai agent of change atau agen perubahan. Artinya bahwa pemuda Indonesia sebenarnya memiliki peranan untuk menjadi pusat dari kemajuan bangsa Indonesia itu sendiri. Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa, karena yang menentukan kemajuan bangsa Indonesia dimasa depan adalah para generasi mudanya melalui keberhasilan perubahan-perubahan positif yang dapat dilakukan. Memang berbagai macam tantangan pastinya akan dihadapi atau dialami oleh para generasi muda, tetapi setidaknya para pemuda dapat kembali menengok pada makna sumpah pemuda atau pun makna kemerdekaan Indonesia.

Salah satu kunci agar dapat sukses menjadi agent of change pastinya adalah keyakinan yang dimiliki para pemuda, maksudnya adalah para generasi muda harus yakin akan apa yang mereka miliki dan selalu melakukannya dengan baik dan benar untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan kejayaan bangsa.

*Agent of Developmet*
Selain menjadi agen perubahan, peran pemuda juga sebagai agent of development atau agen pembangunan sebagai penerus bangsa. Artinya bahwa para pemuda Indonesia memiliki peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai macam bidang, baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah.

Mengapa agen pembangunan juga menjadi suatu peran penting pemuda sebagai penerus bangsa? Hal ini disebabkan karena para pemuda Indonesia wajib menjaga eksistensi bangsa Indonesia di kancah dunia, serta selalu dapat memberikan kesan yang baik di mata dunia. Sebagai contoh seperti mengembangkan bidang kebudayaan daerah Indonesia, kemudian memperkenalkannya pada dunia internasional.

Bahkan agen pembangunan disini bukan hanya sebatas pembangunan fisik maupun non fisik secara nasional dan daerah saja, tetapi juga menyangkut mengenai kemampuan pengembangan potensi generasi muda lainnya. Artinya adalah diperlukan adanya upaya bagaimana potensi dan produktifitas yang ada di diri para generasi muda dapat dikembangkan secara bersama-sama demi mencapai tujuan pembangunan bangsa Indonesia dimana sekarang maupun dimasa yang akan datang.

*Agent of Modernizations*
Peran yang selanjutnya adalah menjadi agent of modernization atau agen pembaharuan bangsa Indonesia. Artinya bahwa para pemuda Indonesia wajib memiliki kemampuan dalam menganalisa perubahan zaman yang pastinya memberi pengaruh besar pada bangsa Indonesia, sehingga mereka dapat memilih mana yang memang perlu untuk dirubah dan juga mana yang seharusnya dipertahankan.

Sebagai contoh seperti perkembangan teknologi yang semakin maju di berbagai bidang, dimana melalui aktivitas pemuda pula bangsa Indonesia kemudian dapat menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi yang semakin maju, sehingga tidak menjadi suatu bangsa yang tertinggal. Namun dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju dan modern juga menjadikan segala pengaruh bahkan kebudayaan asing masuk lebih mudah, maka disinilah muncul tantangan bagi pemuda Indonesia untuk tetap dapat mempertahankan identitas bangsa Indonesia

Peran pemuda yang signifikan didalamnya peran generasi muda dalam mengisi era digitalisasi, dapat menjadi suatu langkah mozaik terdepan bagi bangsa Indonesia untuk menjadi lebih maju dan berkembang lagi dimasa yang akan datang, terlebih di mata dunia.

Beberapa ucapan untuk memperingati Hari Sumpah Penuda Yaitu :
1. Dengan semangat yang sama dengan setiap anggota Sumpah Pemuda, mari kita jaga persatuan dan kesatuan negeri ini, sekarang dan selamanya!

2. Bhineka Tunggal Ika jadi dasar pijakan pemuda dan pemudi Indonesia dalam menjaga semangat persatuan. Maju terus pemuda dan pemudi Indonesia. Mari bersatu majukan negeri tercinta.

3. Mari menjadi pemuda dan pemudi yang bisa membangun negeri. Dengan teknologi dan semangat kekinian, kita kembali nyalakan semangat para pemuda di momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ini.

4. Semoga semangat juang Hari Sumpah Pemuda terus terasa hingga waktu yang akan datang. Jaya pemuda Indonesia!

5. Sumpah Pemuda menghasilkan persatuan dan kemerdekaan, mari terus jaga semangat juang para pemuda untuk memajukan negeri Indonesia!

6. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Pemuda dan pemudi Indonesia, mari senantiasa bersatu bergandengan tangan untuk persatuan negeri kita!

7. Jadilah pemuda pemberani, tangguh, dan berprinsip. Indonesia tercipta dari semangat pemuda dan pemudi. Mari kita jaga semangat tersebut untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda sekarang dan selamanya!

INDONESIA untuk PEMUDA; PEMUDA untuk INDONESIA, Unity in Diversity 💪🙏

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed