BINTANGSULUT.COM – Layakah Olly Dondokambey menjadi Menteri? Penilaian Ir.Jullius Jems Tuuk memberi harapan putra kawanua wajib diperhitungkan presiden Jokowi untuk berada digaris pembantu sebagai menteri Investasi republik indonesia. Tuuk telah berlabel dua kali anggota DPRD Provinsi terbaik dan terhebat membuka informasi data layaknya OD menjadi menteri.

Dalam urusan penanaman modal, politikus PDI Perjuangan sekaligus bendahara umum partai ini cukup bertangan dingin, OD Sapaan akrab dari Olly Dondokambey ini hetrik dengan berbagai capaaian dalam bidang investasi. Raport pencapaian kinerja OD … Melebihi Provinsi lain di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Ir. Jullius Jems Tuuk menilai Olly Dondokambey sangat layak menduduki menteri  Invetasi bika dilihat dari semua capaian- capaian kerja yang telah dilakukan bapak Olly, kata Tuuk kepada media bintangsulut melalui sambungan whatsapp hari ini sabtu 24 April 2021 jam 18:00 wita.

” Saya sangat mendukung bapak Olly Dondokambey wajib mendapatkan kursi menteri, Presiden Joko-Widodo harus memilih pak OD dijajaran kementerian, karena prestasi beliau sebagai gubernur telah membuktikan diri, sebagai pejabat berkelas menteri, kita tau bersama prestasi yang telah didulang OD”. tegas J.T panggilan akrabnya.

Tuuk menguraikan beberapa fakta yang sudah dicapai OD dalam kurun waktu 5 tahun yang suda berjalan yakni Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang ditargetkan yakni 346 proyek dengan nilai sebesar Rp 2,5 triliun.

Realisasi penanaman modal di Sulawesi Utara mampu mencetak angka spektakuler, yakni Rp 7,9 triliun atau 317, 44 persen dari target.

Berkembangnya sektor pariwisata serta meningkatnya nilai investasi PMA dan PMDN berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara.

Perekonomian Sulawesi Utara pada 2017 tumbuh sebesar 6,32 persen atau meningkat sebesar 0,15 persen dibandingkan 2016 yang berada pada poin 6,17 persen.

Angka kemiskinan juga mampu ditekan sebesar 0,3 persen dari angka 8,20 persen pada 2016 menjadi 7,9 persen pada 2017.

Pertumbuhan ekonomi juga menyerap tenaga kerja. Angka pengangguran sebesar 6,20 persen pada 2016, berkurang menjadi 6,18 persen pada 2017.

Sementara, inflasi turun dari 3,31 persen pada 2016 menjadi 2,44 perse pada 2017. Sebaliknya, investasi mengalami kenaikan signifikan dari Rp 4,5 triliun dpada 2016, naik menjadi Rp 6 triliun pada 2017″. ungkap Tuuk.

 


OD-SK Lampaui Target Investasi 300 Persen, Sulut Kantongi Rp 11,5 Triliun

 

Lanjut Tuuk ” Pengembangan Investasi di Provinsi Sulut sedang bergairah dan maju pesat secara berkesinambungan, Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey, dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) telah masuk didua periode dan berhasil melampaui target investasi tahun 2019.

Target investasi sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Rp 3,7 triliun.

“Target Rp 3,7 triliun sementata realisasi investasi mencapai Rp 11.5 triliun, atau realisasinya 308 persen.

Realiasasi investasi ini terdiri dari Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) senilai Rp 3,3 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDM) Rp 8,2 triliun.

Tuuk mengatakan, PMA banyak bergerak di sektor listrik gas dan air, kemudian sektor makanan, mineral, dan non logam

“Sedangkan listrik gas dan air prosentasenya sampai 13 persen, Ekonomi dan SDM ini.

Begitu pula PMDN banyak bergerak di bidang Pertambangan.

Ada 48 persen investasi penanaman modal dalam negeri di sektor pertambangan.

Selain itu 14 persen investasi di sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran.

Kemudian, sektor konstruksi sebesar 10 persen. ada beberapa faktor kunci pencapaian target:

Pertama, solidnya Pemerintahan provinsi dan Pemkab/pemkot hingga bisa melebihi target.

Transparansi pelayanan pemerintah dalam semua sektor. Punya rencana umum menanamkan modal, pengusaha dapat kepastian dan payung hukum berusaha.

Pemerintahan OD-SK juga mempermudah investasi di Sulut.Sulut juga adalah daerah yang paling kondusif dalam berinvestasi.

OD-SK juga berhasil membangun jaringan kerjasama dengan pihak negara lain.

Dengan Demikian Saya Ir. Jullius Jems Tuuk menegaskan Bapak Olly Dondokambey, cocok menduduki Menteri Investasi.
Dengan pertimbangan, hampir 6 tahun kepemimpinan beliau investasi di Sulut berkembang sangat pesat.

Dan Saya  Meminta Bapak Presiden dapat mempertimbangkan beliau dengan Job menteri investasi di Indonesia. tutup Tuuk sambil berharap keinginan Rakyat Sulawesi dapat didengar Oleh bapak Presiden Jokowi.

(Resa Sky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here