Megahmark

Taufik Tumbelaka: Politisi Milenial Rocky Wowor Bakal Menjadi Ketua DPRD Sulut, Ini Akan Tercatat Sebagai Sejarah

Deprov, Politik162 views
BINTANGSULUT.COM –Rocky Wowor Politisi Milenial dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bakal gantikan posisi Andrei Angouw dikursi panas ketua DPRD Provinsi Sulut.
Hal ini disampaikan oleh pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka ke wartawan media ini tadi sore saat bersuah dikantor DPRD Sulut.
Rocky Wowor Ketua Fraksi PDIP DPRD Sulut

Gubernur Olly Dondokambey yang juga Ketua DPD Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Sulut pekan lalu telah memberi sinyal pergantian Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw (AA) yang akan diusung PDIP bertarung di Pilwako Manado 9 Desember 2020 mendatang.

Sejumlah figure dari Fraksi PDIP DPRD Sulut seperti Rocky Wowor (ketua Fraksi PDIP), Ketua Komisi III Berty Kapojos dan Ketua Komisi I Vonny Paat masuk bursa dan tengah digodok menggantikan AA.

“Nama-nama ini masuk dalam pengurus DPD. Tidak boleh tidak pengurus. yang akan menentukan adalah DPP,” ungkap Olly.

Lalu siapakah figure yang layak menggantikan Andrei Angouw

Pengamat Politik & Pemerintahan Sulut, Taufik M Tumbelaka, dalam analisa politiknya mengatakan ada dua nama yang nantinya mengerucut menguat menjadi Ketua PDIP Sulut yakni Rocky Wowor dan Berty kapojos.

“ Terkait kemungkinan AA akan melepas kursi Ketua DPRD Sulut karena akan menjadi menjadi bakal kandidat Walikota Manado, maka akan muncul peluang 2 sosok dari 3 yang diajukan oleh Ketua PDI Perjuangan Sulut menjadi pengganti AA, yaitu Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Sulut, Rocky Wowor dari dapil BMR, dan Ketua Komisi III DPRD Sulut, Berty Kapoyos dari dapil Minut-Bitung.” Tandas bang Taufik sapaan akrabnya Senin, (18 /8/20).

Menurutnya, Figur milenial potensial Rocky Wowor memiliki sejumlah kelebihan yaitu peraih suara terbanyak dalam Pemilu Legislatif lalu, sudah masuk 2 periode sebagai anggota DPRD Sulut dan saat ini dipercaya memegang posisi sangat strategis sebagai Ketua Fraksi. Sedangkan Berty Kapoyos memiliki sejumlah kelebihan yaitu pernah 2 periode sebagai Ketua DPRD Minut, mendapat kepercayaan menjadi Ketua Komisi III DPRD Sulut yang mana posisi ini dianggap bergengsi.

“ Rocky dan Berty dikenal sebagai 2 politisi yang lahir dari tangan OD dan juga dianggap 2 orang dari sangat sedikit yang memiliki kedekatan sosial dan politik dengan OD serta memiliki karakter yang cocok untuk menempati posisi Ketua DPRD Sulut, kalem dan tenang. ” ujarnya.

Secara kalkulasi sosial dan politik, posisi Rocky Wowor menjadi menarik karena ada 2 momentum, yaitu Pilkada Sulut dimana Rocky Wowor bisa menjadi harmoni politik karena dari dapil BMR dan saat ini trend dari parpol di Sulut adalah menempatkan figur-figur muda potensial di posisi strategis, seperti pada posisi Pimpinan DPRD Sulu, Partai Demokrat (PD) menempatkan Billy Lombok, Partai Golkar menempatkan James A Kojongian.

“ Jika nantinya pilihan jatuh ke Rocky Wowor maka pertimbangan politiknya adalah seperti itu. Kita nantikan apakah akan lahir sejarah baru dimana muncul Ketua DPRD Sulut termuda/milenial dalam sejarah Propinsi Sulut” pungkas Direktur Eksekutif Lembaga Studi Sosial & Politik Tumbelaka Academic Centre yang mantan aktifis mahasiswa UGM Yogyakarta.

(Resa Sky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed