IMG-20200403-WA0064

BINTANGSULUT.COM – Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Herwyn Malonda Menyampailan selamat memperingati Hari Buku Nasional 17 Mei 2020 hari ini Minggu.

Hari Buku Nasional merupakan sebuah perayaan untuk memperingati pentingnya budaya membaca. Setiap tahunnya, perayaan ini diperingati tepat pada 17 Mei. Peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) telah dimulai sejak 2002.

Penetapan Harbuknas kala itu didasarkan dengan momentum hari berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 17 Mei 1980.

Dalam pengesahan Hari Buku Nasional itu banyak dari elemen masyarakat, khususnya kelompok pecinta buku yang mendorong terbentuknya hari peringatan tersebut.

Bukan tanpa alasan, penetapan itu memiliki tujuan utama yakni diharapkan dapat menumbuhkan budaya atau meningkatkan minat membaca dan menulis (budaya literasi ) dikalangan masyarakat.

Hal ini dikarenakan minat baca masyarakat Indonesia waktu itu masih tergolong rendah. Berbagai hasil survey dan penelitian telah membuktikan hal tersebut, semisal survey dari UNESCO pada tahun 2011.

Survey itu menunjukkan indeks tingkat membaca masyarakat di Indonesia hanya sebesar 0,001 persen.

Artinya, dari 1000 penduduk, hanya ada satu orang saja yang memiliki keinginan untuk membaca buku.

“Menjalani hari-hari di tengah pandemi Virus Corona ini, kita semua hidup dalam keterbatasan.

Kegiatan terbatas, pertemuan terbatas, bahkan ruang gerak Terbatas.

Saat-saat seperti inilah kita lebih punya waktu untuk membaca buku, baik buku Fisik mau pun buku Digital. Ungkap Malonda kepada wartawan bintangsulut.com via Whatsaap. 17/5’2020.

Buku apa saja yang Anda baca selama masa pandemi ini? Tergantung kita pribadi masing-masing. Ucap pria berbadan tegap ini.

Malonda menambahkan dengan hari buku nasional saat ini, memotivasi pengawas pemilu untuk meningkatkan kapasitas kepengawasan pemilu.

Mampu menemukan ide-ide  baru yang inovatif kreatif dalam memetakan potensi kerawanan, merancang strategi pengawasan yang efektif, dan menyelesaikan penanganan pelanggaran dan sengketa Pilkada di masa pandemi Covid 19 saat ini.

Lanjutnya “Buku Adalah Jendela Dunia Melalui Buku Manusia Melanglang Buana dengan Ilmu Pengetahuan.

Ayo, Mari kita  Budayakan Membaca Buku  lebih banyak waktu karena waktu sekarang ini, sudah sangatlah banyak apalagi semua kerja dirumah.

Selamat Hari Buku Nasional 2020 kata Ketua Bawaslu dua periode ini.

(Resa Sky)

IMG-20200403-WA0064

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here