IMG-20200403-WA0064

BINTANGSULUT.COM РKasus virus Corona (C-19) di Indonesia  pada hari ini tembus pada angkah 17. 025 pasien positif.

Pemerintah Indonesia baru baru ini merilis angkah terbaru jumlah pasien positif terjangkit virus corona. Per Sabtu (16/5), kasus corona sudah tembus 17.025 orang. Sebelumnya tercatat 16.496 kasus.

Jumlah 182.818 spesimen diperiksa melalui metode PCR dan TCM.

“Ada konfirmasi kasus positif baru sebanyak 529 orang. Sehingga kasus positif kini sudah mencapai 17.025 orang,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam jumpa pers di Gedung BNPB, Sabtu (16/5).

Sedangkan DKI Jakarta masih menjadi zona merah pusat penyebaran corona terbanyak, disusul Jawa Timur dan Jawa Barat.

Walaupun Pemprov DKI sudah menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Jakarta telah diperpanjang hingga 22 Mei.

Saat ini, untuk memutus rantai penularan, seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk menjaga jarak (physical distancing) dan tetap berada di rumah. Presiden Jokowi mewajibkan setiap orang rutin cuci tangan dan memakai masker kain jika terpaksa keluar rumah, demi menghindari penularan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Presiden RI

Ditempat terpisah Presiden Jokowi juga telah mewanti-wanti jajarannya agar segera menekan kasus corona.

Presiden telah memberikan waktu, bulan Mei ini,  kurva kasus positif corona sudah harus menurun.

Namun di sisi lain, Jokowi juga menyebut masyarakat harus siap hidup berdampingan dengan corona karena vaksin belum ditemukan.

Sementara untuk mempercepat tes, selain metode PCR kini juga telah dikembangkan melalui mesin Tes Cepat Molekuler (TCM), yang biasa digunakan untuk penderita Tuberkulosis. Saat ini mesin TCM baru dioperasikan di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

Namun, target 10.000 tes per hari belum juga terwujud. Masalah SDM laboratorium menjadi halangan menurut Gugus Tugas.

(Resa Sky)

IMG-20200403-WA0064

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here