IMG-20200403-WA0064

Gelar Zoom Meeting Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sulut

BINTANGSULUT.COM – Memantapkan serta melakukan koordinasi secara kelembagaan selama  terjadinya pandemi covid-19,  pada Jumat, 15 Mei 2020, Bawaslu Provinsi Sulut beserta jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota se – Provinsi Sulawesi Utara mengadakan rapat daring via zoom.

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, ketika membuka kegiatan rapat daring ini langsung menginstruksikan kepada admin dan staf di Provinsi serta Pimpinan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk menginventarisir mereka yang tidak pernah mengikuti zoom meeting, agar saling memonitoring dan melakukan koordinasi secara kelembagaan.

Malonda juga menjelaskan agar menyusun kegiatan pelatihan yang melibatkan pihak luar sebagai narasumber/pembicara kepada jajaran Bawaslu di Sulut.

Disampaikan pula oleh Malonda bahwa saat ini masih menunggu Kebijakan nasional tentang tahapan pemilihan kepala daerah yang kemungkinan akan dilanjutkan.

Bila nantinya akan berlanjut maka tentu akan ada sistem pengawasan secara kelembagaan.

Sambil menunggu kebijakan dan arahan dari Bawaslu RI bila ada revisi standar pengawasan pada pemilihan kepala daerah dan juga juknis ataupun surat edaran terkait pengaktifan kembali jajaran ad hoc (jajaran Panwaslu Kecamatan) maka diharapkan Bawaslu Kabupaten/Kota dapat memeriksa kembali, apakah saat ini masih memenui syarat sebagai Penyelenggara Pemilu dan juga apakah ada jajaran Panwaslu Kecamatan yang diinformasikan positif terkena virus covid-19.

Selain itu jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota ditugaskan pula untuk segera mulai mengukur potensi kerawanan pelanggaran pemilihan kepala daerah.

Sudah menjadi rutinitas di setiap kali rapat daring via zoom jajaran Bawaslu di Provinsi Sulawesi Utara untuk memberikan materi pembelajaran untuk didiskusikan, maka pada minggu ini staf divisi SDM dan Organisasi dari Bawaslu Provinsi Sulut mendapat giliran untuk menyampaikan materi diskusi.

Kali ini materi yang disampaikan terkait dengan pengawasan tahapan, program, dan jadwal pemilihan kepala daerah tahun 2020 ini di tengah – tengah wabah covid-19.

Menjelang berakhirnya, pertemuan daring, Malonda menyampaikan bahwa telah direncanakan koordinasi berskala nasional, yang nantinya akan melibatkan jajaran Bawaslu RI hingga jajaran Pengawas Ad Hoc di Kecamatan.

Dan dijadwalkan untuk minggu depan akan diadakan kegiatan zoom meeting lainnya yang juga akan melibatkan seluruh jajaran sampai di kecamatan, walaupun ad hoc belum aktif secara kelembagaan, dengan menghadirkan pembicara/narasumber dari pihak eksternal Bawaslu. tutup Malonda.

(Resa Sky)

IMG-20200403-WA0064

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here