Presiden Joko Widodo: Percepatan Penanganan C’19, Rapid Test dan Presiden Berikan Apresiasi ke Paramedis..

BINTANGSULUT.COM – Saya memimpin rapat melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, hari ini, yang membahas percepatan penanganan virus korona, Covid-19 di tanah Air.

Tapi sebelumnya, saya ingin menekankan beberapa hal yang penting. Terutama yang selalu saya ulang-ulang di berbagai kesempatan hari-hari ini. Yaitu, pentingnya mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat yang lain, menjaga jarak, dan mengurangi kerumunan yang membawa risiko penyebaran Covid-19.

Karena itu, kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah, harus bisa dijalankan secara efektif. Jangan sampai kebijakan ini dianggap sebagai kesempatan untuk liburan, seperti yang terlihat Sabtu-Minggu kemarin, Pantai Carita di Banten, dan Puncak, Bogor, malah lebih ramai dari biasanya.

Menjaga jarak juga harus kita terapkan secara ketat di area-area publik termasuk di bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, terminal bus, dan transportasi publik.

Selain itu, saya minta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk mengajak lembaga-lembaga dan tokoh-tokoh agama, untuk bersama-sama mencegah potensi penyebaran Covid-19 di kegiatan-kegiatan keagamaan. Kita harus mengevaluasi penyelenggaraan acara keagamaan yang melibatkan banyak orang.

 

RAPID TEST

Kita sedang mengupayakan dilakukannnya rapid test (tes cepat) dengan cakupan yang lebih besar agar deteksi dini kemungkinan seseorang terpapar Covid-19 bisa kita lakukan. Saya telah memerintahkan agar alat rapid test ini diperbanyak, selain juga memperbanyak tempat-tempat untuk melakukan tes.

Dalam pekerjaan ini, kita melibatkan rumah-rumah sakit pemerintah, baik milik BUMN, Pemda, sampai rumah sakit milik TNI dan Polri, dan rumah sakit swasta, serta lembaga-lembaga riset dan pendidikan tinggi yang mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan.

Rapid test dengan cakupan lebih besar itu, hasilnya akan disertai protokol kesehatan yang alurnya jelas, sederhana, dan mudah dipahami, apakah dengan karantina mandiri (self-isolation) atau pun memerlukan layanan rumah sakit.

PRESIDEN BERI APRESIASI KE PARAMEDIS

Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para dokter, perawat, paramedis dan seluruh jajaran rumah sakit, yang sedang bekerja keras penuh dedikasi dalam melayani dan merawat pasien yang terinfeksi Covid-19.

 

Untuk Anda yang sehat, mari bantu mereka dengan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah. Semoga kita semua diberikan kesehatan yang prima.

Resa Sky.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed