Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda KunKer Kesejumlah Daerah Demi Pilkada Yang Berintegritas…

Bawaslu89 views

BINTANGSULUT.COM – Ketua (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Herwyn Malonda, harus Kunker (kunjungan Kerja)  turun lapangan demi mengemban tugas Negara sebagai pengawas pemilu.

Dua kabupaten disambanginya demi mengingatkan kepada anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk menjaga integritas dan profesionalitas pada Pilkada tahun 2020 ini.

Disampaikan Herwyn Malonda dalam Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Bagi Panwaslu Kecamatan dan Sekretariat Bawaslu Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan kabupaten Bolaang Mongondow induk Tahun 2020, yang digelar Bawaslu Boltim, Kamis (12/3’20), di Villa Tobongon. Dan Bawaslu Bolaang Mongondow induk 12/3’20.

“Sangat diharapkan Panwascam benar-benar bekerja dengan cerdas dan tetap sesuai aturan. Panwascam harus solid dalam tugasnya, profesional dan menjaga integritas serta moralitas,” kata Herwyn.

Selain itu disampaikan pula sejarah berdirinya dan transformasi tugas wewenang Pengawas Pemilu di Indonesia.

Diketahui, sebanyak 28 orang menjadi peserta Bimtek kali ini, terdiri dari 21 Panwascam se-Kabupaten Boltim dan staf sekretariat Bawaslu Boltim.

Nampak hadir Ketua Bawaslu Boltim Harmoko Mando SHut, Anggota Bawaslu Boltim Susanto Mamonto dan Hariyanto, serta Koordinator Sekretariat Himawan Korompot.

Kabupaten Bolaang Mongondow 

Begitu pula hak yang sama disampaikan Malonda kepada seluruh peserta Bimtek di kabupaten Bolmong,  diungkapkan ketua Bawaslu saat Bimbingan Teknis Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bolmong, Kamis (12/3/2020).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bawaslu Bolmong ini bertujuan untuk mengkonsolidasi dan meningkatkan kualitas anggota Panwascam pasca dilantik beberapa waktu lalu.

“Nilai kebangsaan dan soliditas itu penting. Kami memilih orang-orang yang mau bekerjasama, karena kerja kita kolektif kolegial. Semua harus saling mengingatkan,” ujar Herwyn dalam sambutannya.

Di hadapan kurang lebih 75 peserta, Herwyn menjabarkan hubungan antara sekretariat dan komisioner di Bawaslu.

“Tim harus solid. Harus punya standar tentang apa yang harus dilakukan selama tahapan, apa yang harus diawasi dan apa yang harus ditindak. Tugas dan pekerjaan ini harus dibagi, karena ketua tidak mungkin menyelesaikan semua pekerjaan. Panwascam juga harus memahami dan melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban yang di atur dalam Undang Undang serta menjunjung tinggi soliditas, integritas, moralitas, dan profesionalitas sebagai penyelenggara pemilu,” tutup Malonda.

Terinformasi bimtek ini digelar selama dua hari, 11–12 Maret 2020, menghadirkan sejumlah pembicara, diantaranya Anggota Bawaslu Sulut Awaluddin Umbola, Ketua Bawaslu Bolmong Pangkerego dan Jerry Mokoolang Anggota Bawaslu Bolmong.

(Resa Sky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed