Issu Penerjemah Bahasa Terjangkit Virus Corona di Sulut, Simak Penjelasan Kadis Kesehatan Prov Sulut Debie Kalalo…

Pemprov87 views

Bintangsulut.com, SULUT – Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara mengeluarkan kabar terbaru terkait dengan WNI inisial GM yang pada waktu lalu yang bersangkutan telah dimasukan diruang isolasi RSUP Prof. Dr. R.D Kandou karena adanya dugaan terinfeksi virus corona.

Dugaan itu didasari karena yang bersangkutan mempunyai riwayat sebagai penerjemah di salah satu maskapai penerbangan yang melayani rute Indonesia ke beberapa kota di China.

Maka dari itu, Berdasarkan hasil tahapan pemeriksaan yang telah dilakukan oleh Tim Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap 1 orang WNI yang dalam status PENGAWASAN infeksi novel corona virus Wuhan sejak tanggal
25 Januari 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Sulut, Dr. Debie Kalalo menyampaikan bahwa Sesuai Pedoman kesiapsiagaan menghadapi infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV)
dari Kementerian Kesehatan RI, dilakukan penanganan dan pengambilan specimen Usap Nasofaring atau Orofaring oleh Intalasi Laboratorium RSUP Prof. Dr. R.D
Kandou tanggal 25 Januari 2020 pukul 16.30, kemudian dikirim ke Badan Litbangkes Kemenkes RI pada tanggal 26 Januari 2020 pagi untuk pemeriksaan.

“Yang bersangkutan ditangani oleh Tim Ahli di RSUP Prof. Dr. RD Kandou sesuai
standard. Perkembangan kondisi yang bersangkutan menunjukkan kondisi membaik secara signifikan, selanjutnya Hasil laboratorium dari Badan Litbangkes Kemenkes RI pada tanggal 30 Januari 2020 adalah NEGATIF Novel Coronavirus (2019-nCov),” Jelas Kadis, jumat (31/1/2020).

Disisi lain, Kalalo menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar melakukan langkah-langkah pencegahan melalui pola hidup sehat dan bersih.

“Sering mencuci tangan dengan sabun dan bilas setidaknya 20 detik serta
keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci
tangan, dapat menggunakan alkohol 70-80% handrub. Gunakan masker bila batuk atau pilek serta menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, perbanyak buah dan sayuran. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup,” tuturnya.

(Resa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed