Dua Perusahan Tambang Raksasa di Sulut, J Resources dan MSM di Bina Pemprov OD-SK Lewat Tangan Dingin Tinungki Sabet Penghargaan Ini…?

Pertambangan167 views

BINTANGSULUT.COM – Pemerintahan Olly Dondokambey dan Steaven Kandouw selalu bersinar, bukan hanya dibidang kesejatraan tetapi juga di bidang pertambangan tidak kalah kokohnya dalam mengelolah manageman, melalui kepala dinas Energi Sumber daya mineral (ESDM) Provinsi  Sulut Adrianus Tinungki akhirnya dua (2) Perusahan pemegang kontrak karya yang bermukim di tanah Totabuan dan Minahasa Utara ini sabet penghargaan berkelas tingkat nasional.

1. PT J Resources Bolaang Mongondow

2. PT MSM (Maeras Soputan Maining)

Kontribusi dari Perusahan Tambang PT J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) Sulawesi Utara memang patut diapresiasi, dimana Perusahan ini memberikan kontribusi besar terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Terbukti, Indonesian Mining Association (IMA) merilis daftar perusahaan pertambangan tanah air yang memiliki kontribusi besar terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Beberapa perusahaan yang berkontribusi juga mendapat penghargaan.

Adapun 12 kategori penghargaan yang diberikan kepada perusahaan tambang anggota IMA. Salah satu kategorinya adalah pembayar PNBP terbaik dan pembayar PNBP terbesar.

Perusahan tambang J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) mendapatkan penghargaan karena menjadi salah satu Pemenang di kategori PERUSAHAAN DENGAN PEMBAYAR PNBP TERBAIK.

Sedangkan  MAERAS SOPUTAN MAINING (MSM) mendapatkan penghargaan dengan kategori PENGELOLAAN PERTAMBANGAN LINGKUNGAN TERBAIK.

 

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ritz Charlton Pacific Place (PP) Jakarta Selatan, 20 November 2019.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulut Adrianus Tinungki secara pribadi merasa bangga kepada Perusahan Tambang JRBM dan MSM karena dibawah pemerintahan OD-SK Dinas ESDM Sulut mampu membina perusahan tambang yang ada di Sulut.

“Kita (Dinas ESDM) selalu mengawasi jalannya pelaksanaan kegiatan pertambangan, contohnya JRBM dan MSM dapat membuktikan kualitas mereka dalam prngelolaan pajak dan lingkungan secara baik.  “ternyata pemerintah pusat telah memberikan penghargaan terhadap Perusahan tambang ini. Patut diapresiasi,” ucapnya senin (25/11/19).

Ditambahkanya Pula “saya tak ingin berhenti disini saja…. sesuai dengan anjuran gubernur saya akan selalu mengontrol dan membina semua pertambangan di Sulut ini, tahun depan saya berharap semua kontrak karya akan mendapatkan penghargaan sesuai kategori”. Tutup Tinungki yang bakal dicalonkan wakil walikota Manado oleh warga kepulauan ini, yang nota bene ada kurang lebih 40% warga keturunan kepulauan sudah ber-KTP kota Manado.

Berikut daftar perusahaan tambang yang mendapat penghargaan:

1. Pemenang kategori perusahaan dengan Pembayar PNBP Terbaik
– Mineral:
1. PT Agincourt Resource
2. PT J Resources
3. PT Aneka Tambang, Tbk

-Batubara:
1. PT Kideco Jaya Agung
2. PT Bukit Asam, Tbk
3. PT Kaltim Prima Coal

2. Pemenang kategori perusahaan dengan Pembayar PNBP Terbesar
-Mineral:
1. PT Freeport Indonesia dengan nilai Rp 4,2 triliun
2. PT Amman Mineral Nusa Tenggara dengan nilai Rp 412,18 miliar
3. PT Aneka Tambang, Tbk dengan nilai Rp 390,89 miliar

-Batubara:
1. PT Kaltim Prima Coal dengan nilai Rp 6,5 triliun
2. PT Adaro Indonesia dengan bilai Rp 5,0 triliun
3. PT Kideco Jaya Agung dengan nilai Rp 3,3 triliun

3. Pemenang Kategori perusahaan dengan Pengelolaan Lingkungan Terbaik
-Mineral:
1. PT Vale Indonesia
2. PT Nusa Halmahera Minerals
3. PT Meares Soputan Mining

-Batubara:
1. PT Kaltim Prima Coal
2. PT Adaro Indonesia
3. PT Bukit Asam, Tbk

4. Pemenang Kategori perusahaan dengan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Terbaik
– Mineral:
1. PT Meares Soputan Mining
2. PT Weda Bay Nikel
3. PT J Resources

-Batubara:
1. PT Multi Harapan Utama
2. PT Kideco Jaya Agung
3. PT Mandiri Inti Perkasa

5. Pemenang Kategori Realisasi Investasi Perusahaan Terbaik berdasarkan RKAB
-Mineral:
1. PT Weda Bay Nickel
2. PT Vale Indonesia, Tbk.
3. PT Freeport Indonesia

-Batubara:
1. PT Mandiri Inti Perkasa
2. PT Indominco Mandiri
3. PT Kaltim Prima Coal.

(Resa Sky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed