Bintangsulut.com – Pembahasan Rancangan peraturan daerah (Ranperda) Pertambangan Mineral yang berlangsung secara marathon dibeberapa bulan akhirnya ditetapkan menjadi Perda dalam sidang Paripurna.

Ranperda Minerba akhirnya di Paripurnakan pada dua hari terakhir masa jabatan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara periode 2014-2019 tepatnya pada pagi hari sabtu 7 September 2019 sedangkan pelantikan anggota DPRD baru, periode 2019-2024 akan dilantik pada hari senin tanggal 9 September. Ini pertanda konsisten pansus dibuktikan bagi Rakyat Sulut.

Wakil Ketua Pansus Ferdinand Mewengkang yang dipercayakan untuk membacakan hasil keseluruhan maksud dan tujuan pansus, dihadapan Rapat Paripurna membacakan hasil dari Kemendagri telah menyetujui ranperda Minerba dijadikan perda. Ini dikuatkan surat dari Mendagri No 188.34/4572/OTDA pertanggal 22 Agustus 2019.

“Dari hasil konsultasi terakhir ke Kemendagri, ranperda Minerba ini disetujui menjadi perda setelah mengalami beberapa catatan serta perubahan,”ungkap Mewengkang, sambil menyatakan dari 86 pasal yang dituangkan dalam ranperda itu, hasil evaluasi kemendagri berkurang menjadi 79 pasal.

” Jadi, ada beberapa pasal yang dihapus yang berkaitan dengan kewenangan, sebab dalam pengaturan perda ini tidak lepas dengan kewenangan pemerintah provinsi,” ucapnya.

“Dari 26 Bab yang kita ajukan berkurang 2 bab, menjadi 24 bab karena ada pasal yang dikurangi. Namun dengan itu dikurangi maka ada beberapa juga perbaikan nomenklaturnya serta redaksionalnya disesuaikan,” jelas Politisi Gerindra dapil Manado ini.

Dari pembacaan hasil pencapaian panitia khusus wakil ketua juga memberikan apresiasi yang besar bagi Jurnalis yang meliput dikantor DPRD Provinsi Sulut yang selalu pro aktif dalam penyampaian pemberitaan, baik dari awal, pertengahan bahkan akhir Ranperda menjadi Perda.

“Saya selaku wakil ketua Pansus memberikan apresiasi yang besar bagi teman-teman Jurnalis yang selalu membantu memberikan informasi bagi Rakyat Sulut bahkan seantero bumi NKRI perjalanan Pansus Minerba ini” ungkap Dia.

Seperti diketahui ketua dan wakil ketua Pansus tidak lagi duduk sebagai anggota DPRD Provinsi terpilih periode 2019-2024, ketua Pansus Adriana Dondokambey menjadi anggota DPR-RI sedangkan Wakil ketua tidak mencalonkan diri lagi sebagai anggota legislatif.

(Resa Sky)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here