Handoko Serahkan Dua Unit Kapal Tol Ke Pemerintah Sulut

Bintangsulut.com – Dua kapal tol lintas pulau dari kota Manado ke kabupaten di daerah kepulauan diserahkan kementerian perhubungan.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut menyerahkan dua Kapal Tol Laut KM Gandha Nusantara 13 dan KM Gandha Nusantara 18, ke Pemerintah Daerah Provinsi Sulut, untuk beroperasi di Manado-Likupan-Bunaken, Jumat (02/08/2019) di Pelabuan Manado.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala) Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) Capt. Wisnu Handoko, mengatakan ini amanah untuk menjalankan transportasi laut di Republik.

“Seperti kita ketahui, kepulauan di Indonesia begitu banyak laut yang memisahkan pulau-pulau. Namun itu tidak boleh menjadikan penghalang bagi konektivitas dan mobilisasi penumpang maupun logistik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ini menjadi perhatian pemerintah terhadap masalah transportasi laut, di era pemerintahan Pak Jokowi,” kata Handoko pada sambutannya.

Menurut Handoko, dengan program tol laut Pak Jokowi, berupa kapal-kapal perintis dan kapal logistik. Pihaknya mengoperasikan kapal perintis khusus di wilayah Sulawesi Utara.

“Kita mengoperasikan kapal perintis yang total jumlahnya di seluruh Indonesia ada 113. Di Sulawesi Utara ini kita ada KM Nusantara 69, kemudian Nusantara 70 di Bitung, Nusantara 95, dan Nusantara 109. Kapal-kapal perintis ini semua relatif baru,” sambungnya

Ia menghimbau kepada operator dalam hal ini PT Pelni, untuk mensupport supaya kapal-kapal ini bisa selalu siap dioperasikan.

“Dua kapal ukurannya kurang lebih 95 GT, bisa mengangkut 56 penumpang, pintu depan juga dia bisa digunakan untuk mobilisasi mobil. Kami serahkan kapal ini untuk dioperasikan sebaik-baiknya oleh Pemda melalui operator PT Pelni, agar bisa memfasilitasi ke pulau-pulau kecil yang tidak punya dermaga. Selain itu pula untuk menunjang Pemda seperti mobilisasi ambulans atau barangkali mobil-mobil yang mensupport kegiatan pemerintahan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Pemerinta Provinsi Sulut Lynda Wantania, mengatakan dirinya ditugaskan mewakili pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi terkait dengan kinerja Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang sudah dilakukan saat ini.

“Saya atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyambut gembira penyerahan kapal ini, sekaligus memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan segenap stakeholders Perhubungan laut yang telah memberikan bantuan dalam rangka menunjang kemajuan Provinsi Sulawesi Utara di bidang perhubungan pariwisata,” kata Wantania.

Lanjut Wantania, selain sektor Perhubungan atau konektivitas yang menjadi salah satu fokus pengembangan daerah ini menuju kemajuan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu Leading sektor pembangunan daerah.

“Komitmen ini tercermin langsung pada salah satu poin dalam sapta citra pembangunan daerah saat ini, yakni mewujudkan Sulawesi Utara sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berdaya saing yang pada tataran implementasi berupaya diwujudkan pengembangan infrastruktur pariwisata, peningkatan pelestarian budaya lokal, pengembangan UMKM sektor pariwisata, pengembangan SDM bidang pariwisata, membangun iklim investasi yang menjanjikan dan berbagai langkah strategis lainnya. Terkait dengan itu saat dirasakan sangat tepat sebab akan dapat menjadi sarana konstruktif untuk memantapkan pencapaian salah satu misi strategis pembangunan daerah di Sulawesi Utara,” jelasnya

(Resa Sky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed