IMG-20200403-WA0064

Bintangsulut.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berkomitmen pendidikan anak berkebutuhan khusus akan segera mendapatkan dana APBD tahun 2020 mendatang baik secarah umum maupun khusus, hal ini dikatakan Gubernur usai rapat paripurna hari selasa di kantor DPRD Provinsi Sulut.

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah sebagai pengganti istilah lama anak cacat atau penyandang cacat. Sebenarnya istilah Anak Bekebutuhan Khusus adalah untuk menunjuk mereka yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial. Pemerintah memahami pada kondisi yang memiliki kekurangan dan kelebihan kemampuan khususnya dalam bidang pendidikan. Itulah Anak Berkebutuhan Khusus.

Hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan negara. Hak anak yang wajib dipenuhi diantaranya adalah hak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran. Anak berkebutuhan khusus usia dini juga berhak mendapatkan layanan pendidikan.

Anak berkebutuhan khusus harus mendapatkan perlakuan yang sama dalam memperoleh pendidikan yang layak dan bermutu. Agar anak berkebutuhan khusus mendapat pengajaran yang benar maka perlu diiperhatikan juga secara khusus.

Pembangunan Sumber Daya manusia (SDM) melalui program pendidikan menjadi perhatian khusus Gubernur Olly Dondokambey.

Salah satu hal penting  yang menjadi komitmen  Gubernur dalam menghadapi peluang dan tantangan di di tahun 2020, yaitu memantapkan pembangunan sumber daya manusia yang berdaya saing termasuk pendidikan anak-anak memiliki kebutuhan khusus yang nantinya akan disiapkan  sarana infrastruktur penunjang  pendidikan.

“ Kita sudah siapkan tempat untuk anak-anak berkebutuhan khusus dalam rangka pendidikannya, pelayanan dan lain sebagainya disiapkan di tahun 2020, kita siapkan semuanya.” tandas Gubernur yang dikenal dekat dengan anak-anak Selasa (23/7-2019) di kantor DPRD Sulut.

Selain itu menurut Gubernur, Pemprov juga menyiapkan anggaran beasiswa bagi anak – anak yang nantinya memiliki keinginan melanjutkan pendidikan di sejumlah Universitas maupun sekolah keagamaan.

“ Yang mau sekolah Alkitab, yang mau sekolah baca Alquran kita siapkan, supaya kalau akhlaknya bagus pasti pikiran sehat”. tutup Gubernu.

(Resa Sky)

IMG-20200403-WA0064

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here