Bintangsulut.com – Walaupun sudah diatur Sonasi jarak sekolah bagi pendaftar siswa baru, tahun 2019/2020 secarah Nasional oleh kementerian pendidikan, tetap saja SMA 1 Manado Masih menjadi terfavorit di Sulut bagi anak-anak siswa yang baru ingin belajar disekolah yang memiliki segudang prestasi ini.

Hari ke empat pembukaan pendaftaran di sekolah SMA 1 Manado terdata telah mengantongi 1236 pendaftar Online padahal pihak sekolah hanya menerima 320 calon siswa dan siswi baru yang nantinya akan bersekolah di SMA tersebut.

Kepalah sekolah SMA 1 Manado Sherly Kalangi kepada wartawan Resa Sky mengungkapkan bahwa “Pendaftar calon anak didiknya telah melampui batas daftar, tapi Kalangi tegaskan ‘pihaknya tak bisa tutup pendaftaran karena harus sesuai dengan aturan yang telah disepakati bersama, “tetap harus lima (5) hari proses pembukaan pendaftaraan”. Kata kepsek ini.

Lanjut Kalangi “perebutan kursi 80% sesuai Sonasi dan 15% kategori sesuai Prestasi serta 5% Mutasi menjadi titik tolak sekolah yang nantinya akan kami terima sebagai siswa dan siswi tetap.

Ditambahkanya pula “sesuai data dari panitia yang sudah dilaporkan ke saya sudah ada 535 pendaftar yang telah melakukan verifikasi data, ini berarti belum setengah pendaftar Online yang belum lengkap data penunjang”. Kata Kepsek yang sudah dua tahun Nakhodai SMA 1 ini.

Disinggung mengenai satu-satunya sekolah tervaforit di Sulut Kalangi mengutarakan bahwa “semua sekolah baik, dan para guru-gurunya telah memiliki keahlian dan kompetensi yang baik, jadi saya kira tidak ada alasan sekolah lain tidak baik, saya ingin dengan pengaturan Zonasi ini menjadi kekuatan bagi seluruh sekolah untuk bersaing secara sehat demi anak-anak kita di daerah lainya dalam ajang naik level lagi dan lagi kedepan. Semua anak bangsa harus mendapatkan pendidikan yang layak dan bermartabat, ini merupakan salah satu program OD-SK yang harus ditindak lanjuti, namun untuk mendapatkan pendidikan yang baik, bukan hanya di SMA N 1 Manado saja tetapi ada 8 sekolah negeri di kota Manado dan juga ada 36 sekolah swasta yang siap memberikan yang terbaik bagi anak bangsa”. Imbuh wanita berparas cantik ini.

(Resa Sky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here